*

MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila

KODE

UPA 200

SEMESTER

Ganjil/Genap

SKS

2 sks

DOSEN PENGAMPU

  1. Dr. Bambang Sucondro, SH, MH
  2. Drs. Solichin WD, MM.
  3. Rini Purwaningsih, SH.MH.
DESKRIPSI SINGKAT

Memuatpengetahuan tentang Pendidikan Pancasila yang membahas tentang latar belakang pendidikan Pancasila; kebijakan nasional pembangunan Karakter Bangsa ; landasan hukum pendidikan Pancasila, kerangka konseptual pendidikan Pancasila, visi dan misi, tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Negara, pengertian filsafat, filsafat Pancasila, hakikat sila-sila Pancasila, Pancasila dikaji sebagai sistem etika yang meliputi: pengertian etika, etika Pancasila, Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dan lain-lain. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, yang meliputi nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu dengan tujuan peserta didik mampu merubah sikap, perilaku,  dan pola pikir mahasiswa sebagai warga negara Indonesia sesuai dengan Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945

CAPAIAN  PEMBELAJARAN LULUSAN

Lulusan mata kuliah ini diharapkan dapat :

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta    rasa tanggung jawab kepada Banga dan  Negara .
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyrakat dan lingkungan
CAPAIAN  PEMBELAJARAN MATAKULIAH

Mahasiswa menjadikan Pancasila sebagai ruh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalisme dan berbagai segi kebijakan sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan mengacu kepada ketentuan pasal 2 UU No. 12 tahun 2012.

*

PERTEMUAN KE

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAHAN KAJIAN

METODE PEMBELAJARAN

MEDIA

REFERENSI

INDIKATOR/

KRITERIA

PENILAIAN

BOBOT

PENILAI

AN

1

 

Pengantar

  • RPS
  • Silabus
  • Kontrak Kuliah

Tatap muka dalam kelas

  1. LED Proyektor
  2. Whiteboard
  3. Ruang Kelas
  4. Komputer/

laptop/gadget

1. RPS

2. Silabus

3. Tata Tertib

4  Training PEDATI

 

 

 

2 - 3

Mahasiswa menguasaikonsep dan urgensi mempelajari Pendidikan Pancasila

 

Pengantar Pendidikan Pancasila

-Menelusuri Konsep dan

Urgensi Pendidikan

Pancasila

-Alasan Diperlukannya

Pendidikan Pancasila

-Menggali Sumber

Historis, Sosiologis,

Yuridis Pendidikan

Pancasila

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pendidikan

Pancasila

 

-Mendeskripsikan Esensi

dan Urgensi Pendidikan

Pancasila untuk  Masa

Depan

Distribusi materi melalui aplikasi pedati

PEDATI

  1. Kaelan,1999.Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Penerbit Paradigma Yogyakarta
  2. Kaelan, 1996.Filsafat Pancasila. Penerbit Paradigma  Yogyakarta
  3. Syahrial Syarbaini, 2003.Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi.Penerbit Ghalia Indonesia
  4. Trubus Rahardiansyah P, A Prayitno, Bambang Sucondro, 2018.Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Penerbit Universitas Trisakti Jakarta
  5. Pandji Setijo, 2006.Pendidikan Pancasila dalam Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. Penerbit Grasindo Jakarta
  6. Ahmad Mansur Suryanagara, 2016. Api Sejarah jilid I dan II. Penerbit Surya Dinasti Bandung

 

Mampu menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila sebagai komponen mata kuliah wajib umum dalam sistem pendidikan di Indonesia dalam bentu tes tertulis dan lisan

10%

4 - 5

Mahasiswa memiliki sikap cinta terhadap para pahlawan bangsa dengan menghargai segala perjuanganya.

 

Pancasila dalam arus Sejarah Bangsa Indonesia

-Menelusuri Konsep dan

Urgensi Pancasila dalam

 Arus Sejarah Bangsa

Indonesia

-Alasan Diperlukannya

 Pancasila dalam Kajian

Sejarah Bangsa Indonesia

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

dalam Kajian Sejarah

Bangsa Indonesia

-Mendeskripsikan Esensi

dan Urgensi Pancasila

dalam Kajian Sejarah

Bangsa Indonesia untuk

Masa Depan

 

Daring melalui PEDATI dengan searching, googling tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Online

Jaringan wifi

gadget

 

  1. Buku Referensi 1 – 6.
  2. Situs: www.academia.edu

Unjuk kerja membuat video pendek tentang

dinamika Pancasila

secara historis, serta merefleksikan fungsi  dan kedudukan penting Pancasila

dalam perkembangan Indonesia mendatang.

15%

6 – 7

Mahasiswa memiliki kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Pancasila menjadi dasar negara Republik Indonesia

-Menelusuri Konsep

Negara, Tujuan Negara

dan Urgensi Dasar

Negara

-Alasan Diperlukannya

Kajian Pancasila sebagai

Dasar Negara

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

sebagai Dasar Negara

-Mendeskripsikan Esensi

dan Urgensi Pancasila

sebagai Dasar Negara

Ceramah, Diskusi interaktif

Kelas

Online

Jaringan wifi

gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

Partisipasi mahasiswa dalam mensosialisasikan Pancasila sebagai dasar negara di masyarakat yang mana kegiatan tersebut dibuat dokumentasi video pendek yang di upload di youtube

 

15%

8

UTS

 

 

 

 

 

 

9 - 10

-Mahasiswa

menguasai  konsep

Pancasila sebagai

ideologi negara

-Mahasiswa 

Memiliki sikap

 menghargai

perbedaan

pandangan tentang

 beragamIdeologi

 di samping

membangun

pemahaman yang

kuat tentang

ideologi Pancasila

dari

Pancasila menjadi Ideologi Negara

-Menelusuri Konsep dan

Urgensi Pancasila

sebagai Ideologi Negara

-Alasan Diperlukannya

Kajian Pancasila sebagai

 Ideologi Negara

-Menggali Sumber

Historis, Sosiologis,

Yuridis tentang Pancasila

 sebagai Ideologi Negara

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

sebagai Ideologi Negara

-Mendeskripsikan Esensi

 dan Urgensi Pancasila

sebagai Ideologi Negara

Daring melalui PEDATI dengan searching, googling tentang ideologi-ideologi besar dunia

Online

Jaringan wifi

gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

15%

11-12

Mahasiswa menguasai konsep pancasila sebagai sistem filsafat

Pancasila merupakan Sistem filsafat

-Menelusuri Konsep dan

Urgensi Pancasila

sebagai Sistem Filsafat

-Alasan Diperlukannya

 Kajian Pancasila sebagai

Sistem Filsafat

-Menggali Sumber

Historis, Sosiologis,

Yuridis tentang Pancasila

 sebagai Sistem Filsafat

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

sebagai Sistem Filsafat

-Mendeskripsikan Esensi

 dan Urgensi Pancasila

sebagai 

Sistem Filsafat

 

Mahasiswa searching, googling tentang ideologi-ideologibesar dunia

Online

Jaringan wifi

gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

Dapat menjelaskan kedudukan

Pancasila sebagai sistem filsafat dengan berbagai pemikiran para tokoh yang bertitik tolak dari teori-teori filsafat akan dibahas pada subbab tersendiriberpikir secara terbuka, kritis, sistematis, komprehensif, dan mendasar sebagaimana

ciri-ciri pemikiran filsafat dalam bentuk membuat video yang menggambarkan hal tersebut.

20%

13-14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa dapat menjelaskan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan Bermasyarakat Berbanga dan Bernegara

 

 

Pancasila Menjadi Dasar Nilai Pengembangan Ilmu

-Pancasila sebagai Dasar

Nilai Pengembangan

 Ilmu

-Alasan Diperlukannya

Pancasila sebagai Dasar

NilaiPengembangan

Ilmu

-Menggali Sumber

 Historis, Sosiologis,

 Yuridis tentang Pancasila

sebagai Dasar Nilai

Pengembangan Ilmu di

Indonesia

-Membangun Argumen

tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

 sebagai Dasar Nilai

Pengembangan Ilmu

-Mendeskripsikan Esensi

dan Urgensi Pancasila

sebagai Dasar Nilai

Pengembangan Ilmu

untuk Masa Depan

 

 

Pancasila Sebagai Paradigma dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara

-Pancasila sebagai

landasan berfikir dalam

 kehidupan bermasyara-

kat, berbangsa dan

 bernegara.

-Alasan Diberlukannya

Pancasila sebagai

Paradigma dalam

 kehidupan.

- Menggali Sumber

Historis, Sosiologis,

Yuridis tentang Pancasila

sebagai paradigma dalam

kehidupanbermasyara-

kat berbangsa dan

 bernegara

-Membangun Argumen

 tentang Dinamika dan

Tantangan Pancasila

SebagaiParadigma

 kehidupan.

 

-Aktualisasi Pancasila

dalam kehidupan

Pengembangan Ilmu

-Mendeskripsikan Esensi

dan Urgensi Pancasila

sebagai Paradigma Dalam

Pengembangan Ilmu

untuk Masa Depan

 

Ceramah,

Diskusi

Interaktif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ceramah, diskusi interaktif

 

 

 

Ceramah, Diskusi Interaktif

Kelas:

-White

board

-wifi

-LCD

-Laptop

-Gadget

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas:

-White

board

-Wifi

-LCD

-Laptop

-Gadget

 

 

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

Mampu menjelaskan Pancasila sebagai

karakter keilmuan Indonesia; merumuskan konsep karakter keilmuan

berdasar Pancasila; menciptakan model pemimpin, warga negara dan

ilmuwan yang Pancasilais

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dapat menjelaskan kedudukan

Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan bermasyarat, berbangsa dan bernegara.

 

 

 

 

 

10%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 %

16

UAS