*

MATA KULIAH

Pendidikan Pancasila

KODE

UPA 200

SEMESTER

Ganjil/Genap

SKS

2 sks

DOSEN PENGAMPU

  1. Dr. Bambang Sucondro, SH, MH
  2. Drs. Solichin WD, MM.
  3. Rini Purwaningsih, SH.MH.
DESKRIPSI SINGKAT

Memuatpengetahuan tentang Pendidikan Pancasila yang membahas tentang latar belakang pendidikan Pancasila; kebijakan nasional pembangunan Karakter Bangsa ; landasan hukum pendidikan Pancasila, kerangka konseptual pendidikan Pancasila, visi dan misi, tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Negara, pengertian filsafat, filsafat Pancasila, hakikat sila-sila Pancasila, Pancasila dikaji sebagai sistem etika yang meliputi: pengertian etika, etika Pancasila, Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dekadensi moral, dan lain-lain. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, yang meliputi nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu dengan tujuan peserta didik mampu merubah sikap, perilaku,  dan pola pikir mahasiswa sebagai warga negara Indonesia sesuai dengan Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945

CAPAIAN  PEMBELAJARAN LULUSAN

CAPAIAN  PEMBELAJARAN LULUSAN

Lulusan mata kuliah ini diharapkan dapat :

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta    rasa tanggung jawab kepada Banga dan  Negara .
  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyrakat dan lingkungan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

Mahasiswa menjadikan Pancasila sebagai ruh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalisme dan berbagai segi kebijakan sesuai dengan bidang studi masingmasing dengan mengacu kepada ketentuan pasal 2 UU No. 12 tahun 2012.

*

PERTE MUAN KE

CAPAIAN PEMBELAJARAN

BAHAN KAJIAN

METODE

PEMBELA JARAN

MEDIA

REFERENSI

INDIKATOR/

KRITERIA

PENILAIAN

BOBO

T

PENIL

AI

AN

1

 

Pengantar o RPS

o Silabus o Kontrak Kuliah

Tatap muka dalam kelas

  1. LED Proyekt or
  2. Whiteb oard
  3. Ruang Kelas
  4. Kompu ter/ laptop/ gadget
  1. RPS
  2. Silabus
  3. Tata Tertib 

4  Training PEDATI

 

 

 

2 - 3

Mahasiswa menguasaikonsep dan urgensi mempelajari

Pendidikan Pancasila

 

Pengantar Pendidikan

Pancasila

-Menelusuri Konsep dan 

Urgensi Pendidikan  

Pancasila

-Alasan Diperlukannya 

Pendidikan Pancasila

-Menggali Sumber 

Historis, Sosiologis, 

Yuridis Pendidikan 

Pancasila

-Membangun Argumen  tentang Dinamika dan 

Distribusi materi melalui aplikasi pedati

PEDATI

  1. Kaelan,1999.Pendidi kan Pancasila Yuridis Kenegaraan.

Penerbit Paradigma

Yogyakarta

  1. Kaelan,

1996.Filsafat

Pancasila. Penerbit

Paradigma 

Yogyakarta

  1. Syahrial Syarbaini,

2003.Pendidikan

Pancasila di

Mampu

menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila sebagai komponen mata kuliah wajib umum dalam sistem pendidikan di Indonesia dalam bentu tes tertulis dan lisan

10%

 

 

 

Tantangan Pendidikan 

Pancasila

 

-Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pendidikan 

Pancasila untuk  Masa 

Depan

 

 

Perguruan

Tinggi.Penerbit

Ghalia Indonesia

  1. Trubus

Rahardiansyah P, A

Prayitno, Bambang

Sucondro,

2018.Pendidikan

Pancasila di

Perguruan Tinggi.

Penerbit Universitas

Trisakti Jakarta

  1. Pandji Setijo,

2006.Pendidikan

Pancasila dalam

Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa.

Penerbit Grasindo

Jakarta

  1. Ahmad Mansur Suryanagara, 2016. Api Sejarah jilid I dan II. Penerbit

Surya Dinasti

Bandung

 

 

 

 

4 - 5

Mahasiswa memiliki sikap cinta terhadap para pahlawan bangsa dengan menghargai segala perjuanganya.

 

Pancasila dalam arus

Sejarah Bangsa

Indonesia

-Menelusuri Konsep dan 

Urgensi Pancasila dalam

 Arus Sejarah Bangsa

Indonesia

-Alasan Diperlukannya

 Pancasila dalam Kajian 

Sejarah Bangsa Indonesia -Membangun Argumen  tentang Dinamika dan  Tantangan Pancasila  dalam Kajian Sejarah

Bangsa Indonesia

-Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila  dalam Kajian Sejarah  Bangsa Indonesia untuk 

Masa Depan

 

Daring melalui

PEDATI dengan

searching

,

googling tentang sejarah perjuanga n bangsa Indonesia

Online Jaringan wifi

gadget

 

  1. Buku Referensi 1 – 6.
  2. Situs:

www.academia.edu

Unjuk kerja membuat video pendek tentang dinamika Pancasila secara historis, serta merefleksikan

fungsi  dan kedudukan penting Pancasila dalam perkembangan Indonesia mendatang.

15%

6 – 7 

Mahasiswa memiliki kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Pancasila menjadi dasar negara Republik

Indonesia

-Menelusuri Konsep  Negara, Tujuan Negara  dan Urgensi Dasar 

Negara

Ceramah, Diskusi interaktif

Kelas

Online Jaringan wifi gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

Partisipasi mahasiswa dalam mensosialisasikan Pancasila sebagai dasar negara di masyarakat yang mana kegiatan

15%

 

 

 

-Alasan Diperlukannya 

Kajian Pancasila sebagai

Dasar Negara

-Membangun Argumen  tentang Dinamika dan  Tantangan Pancasila  sebagai Dasar Negara -Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila  sebagai Dasar Negara

 

 

 

tersebut dibuat dokumentasi video pendek yang di upload di

youtube

 

 

8

UTS

 

 

 

 

 

 

9 - 10

-Mahasiswa menguasai  konsep  Pancasila sebagai ideologi negara -Mahasiswa   Memiliki sikap  menghargai  perbedaan pandangan tentang  beragamIdeologi

 di samping  membangun pemahaman yang kuat tentang ideologi Pancasila dari

Pancasila menjadi

Ideologi Negara

-Menelusuri Konsep dan  Urgensi Pancasila  sebagai Ideologi Negara -Alasan Diperlukannya 

Kajian Pancasila sebagai

 Ideologi Negara

-Menggali Sumber 

Historis, Sosiologis,  Yuridis tentang Pancasila  sebagai Ideologi Negara -Membangun Argumen  tentang Dinamika dan  Tantangan Pancasila  sebagai Ideologi Negara

Daring melalui

PEDATI dengan

searching

,

googling tentang ideologiideologi besar dunia

Online Jaringan wifi

gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

15%

 

 

 

-Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila  sebagai Ideologi Negara

 

 

 

 

 

11-12

Mahasiswa menguasai konsep pancasila sebagai sistem filsafat

Pancasila merupakan

Sistem filsafat 

-Menelusuri Konsep dan  Urgensi Pancasila  sebagai Sistem Filsafat -Alasan Diperlukannya

 Kajian Pancasila sebagai 

Sistem Filsafat

-Menggali Sumber 

Historis, Sosiologis,  Yuridis tentang Pancasila  sebagai Sistem Filsafat -Membangun Argumen  tentang Dinamika dan  Tantangan Pancasila  sebagai Sistem Filsafat -Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila 

sebagai   Sistem Filsafat

 

Mahasis wa

searching

,

googling tentang ideologiideologib esar dunia

Online Jaringan wifi

gadget

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

Dapat menjelaskan kedudukan

Pancasila sebagai sistem filsafat dengan berbagai pemikiran para tokoh yang bertitik tolak dari teori-teori filsafat akan dibahas pada subbab

tersendiriberpikir secara terbuka, kritis, sistematis, komprehensif, dan mendasar sebagaimana ciri-ciri pemikiran filsafat dalam bentuk membuat video yang menggambarkan hal tersebut.

20%

 

13-14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa dapat menjelaskan pancasila sebagai dasar nilai

pengembangan ilmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pancasila Menjadi

Dasar Nilai

Pengembangan Ilmu

-Pancasila sebagai Dasar 

Nilai Pengembangan

 Ilmu

-Alasan Diperlukannya 

Pancasila sebagai Dasar 

NilaiPengembangan 

Ilmu

-Menggali Sumber

 Historis, Sosiologis,   Yuridis tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai  Pengembangan Ilmu di 

Indonesia

-Membangun Argumen  tentang Dinamika dan  Tantangan Pancasila  sebagai Dasar Nilai 

Pengembangan Ilmu -Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila  sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu 

untuk Masa Depan

 

 

Ceramah,

Diskusi

Interaktif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: -White board -wifi

-LCD

-Laptop

-Gadget

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mampu

menjelaskan Pancasila sebagai karakter keilmuan Indonesia; merumuskan konsep karakter keilmuan berdasar Pancasila; menciptakan model pemimpin, warga negara dan ilmuwan yang

Pancasilais

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai

Paradigma

Kehidupan

Bermasyarakat

Berbanga dan

Bernegara 

 

 

Pancasila Sebagai

Paradigma dalam

Kehidupan

Bermasyarakat

Berbangsa dan

Bernegara

-Pancasila sebagai landasan berfikir dalam  kehidupan bermasyara- kat, berbangsa dan  bernegara.

-Alasan Diberlukannya

Pancasila sebagai Paradigma dalam  kehidupan. - Menggali Sumber

Historis, Sosiologis,  Yuridis tentang Pancasila sebagai paradigma dalam  kehidupanbermasyara- kat berbangsa dan  bernegara

-Membangun Argumen  tentang Dinamika dan 

Tantangan Pancasila SebagaiParadigma  kehidupan.

 

Ceramah, diskusi interaktif

 

 

 

Ceramah,

Diskusi

Interaktif

Kelas: -White board -Wifi

-LCD

-Laptop

-Gadget

 

 

 

Buku Referensi 1 – 6.

 

 

Dapat menjelaskan kedudukan

Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan bermasyarat, berbangsa dan bernegara.

 

 

 

 

 

15 %

 

 

 

-Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan Pengembangan Ilmu -Mendeskripsikan Esensi  dan Urgensi Pancasila  sebagai Paradigma Dalam  Pengembangan Ilmu  untuk Masa Depan