Trisakti Electronic Learning

Tell Something For All


Perkembangan ilmu dan teknologi di era globalisasi dalam berbagai bentuk telah mengubah wajah kehidupan di seluruh dunia. Dalam era globalisasi, batas-batas antar wilayah negara menjadi hilang (borderless) sebagai akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Hal ini disebabkan karena teknologi tersebut menjadikan individu dan institusi saling berkaitan (interconnected) dalam suatu jejaring dunia (web based communication).

Dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini juga melanda dunia pendidikan, sehingga telah menggeser paradigma pendidikan yang berorientasi pada kelas (traditional-classroom oriented) menjadi virtual classroom yang berorientasi pada mahasiswa (student oriented). Universitas Trisakti sebagai universitas swasta terkemuka telah menentukan langkah strategis melalui penerapan pola pendidikan berbasis elektronik (cyber campus) dengan menyelenggarakan Program Pembelajaran Elektronik dan Jarak Jauh atau dikenal pula sebagai Trisakti E-Learning (TeLL).

Trisakti E-Learning (TeLL), diharapkan selalu memenuhi kebutuhan para professional dalam peningkatan kemampuan untuk terus bersaing meskipun berada dalam keterbatasan waktu dan jarak, yang seringkali menjadi salah satu handicap bagi seseorang untuk belajar.

Trisakti E-Learning (Tell), telah menyelenggarakan program pembelajaran elektronik dan jarak jauh (e-learning), melalui penerapan teknologi sehingga proses pembelajaran di Universitas Trisakti dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk itu Universitas Trisakti telah bekerjasama dengan lembaga yang memiliki pengalaman yang matang dan jaringan kerja yang luas dalam program pembelajaran jarak jauh di wilayah Asia Tenggara (SEAMOLEC - SEAMEO Regional Open Learning Center). Kerjasama ini dilaksanakan dalam bentuk penggunaan platform awal Trisakti e-learning yaitu Software WebCT. Namun, setelah hampir 10 tahun menggunakan platform WebCT, Trisakti e-Learning berhasil membangun platform sendiri yang dinamakan WebTell. Trisakti e-Learning juga didukung kuat oleh para stakeholder khususnya dari pimpinan Universitas Trisakti untuk menggunakan media pembelajaran online dalam rangka mengembangkan dan memperluas lingkungan belajar mengajar dengan menggunakan keunggulan media online.

Trisakti e-Learning (TeLL) memberikan fasilitas belajar mengajar secara virtual dengan memanfaatkan perangkat internet dengan mengombinasikan pola pembelajaran on-line sebanyak 70 persen dan tatap muka di kelas (face to face) sebanyak 30 persen. Dengan komposisi pembelajaran seperti itu sangat memungkinkan bagi peserta didik yang memiliki keterbatasan waktu atau secara geografis berjauhan dengan lokasi kampus Universitas Trisakti untuk tetap dapat mengikuti perkuliahan.

Saat ini, TeLL baru menyelenggarakan program pendidikan S-2 program studi Magister Manajemen (MM) sebagai alternatif pembelajaran MM reguler yang mewajibkan mahasiswa untuk datang ke kampus.